jump to navigation

January 21, 2008

Posted by theaterofdreamz in Article, Tips n Trick.
trackback

insomnia.gif 

Anda sering tidur jam 1 ato 2 malam?sering terbangun pada tengah malam?ato mungkin punya jadwal istirahat yang ga teratur seperti susah tidur pada malam hari dan jadi sangat ngantuk pengen tidur pada siang hari karena semalem ga tidur? jika jawaban anda iya..Pasti anda salah satu penderita gangguan tidur pada diri anda dan itu ga bagus kesehatan jiwa dan raga. Memang ga dikatakan sebagai penyakit,tapi hanya sebuah rambu-rambu bahwa penderita memiliki problematika psikis. Dan mahluk yang sering disebut Insomnia tu yang bikin anda mengalami hal yang ga menyenangkan dalam hidup anda .

Mengapa saya tulis tentang hal ini?? Alasanya simpel,…Insomnia inilah yang pernah menjadi salah satu kawan hidup saia dalam menjalani hidup. Jaman dahulu kala,Saia susah tidur pada malam hari dan pada siang hari jadi waktu tuk tidur.jadi jangan heran jika saia punya hobi bubu sepanjang hari dan pola hidup seperti kelelawar.Bermula pada waktu SMA pas candu-candunya ma yang namanya maen game ampe pagi dan keseringan nonton bola pada dini hari bikin jam istirahat sempet berantakan dan ga teratur.Benernya saia udah bisa dikatakan mengidap Hyperinsomnia ato Insomnia Kronis karena gangguan ini juga udah nemenin saia selama kurang lebih dua tahun terkhir.Tapi akhir-akhir ini udah bisa lebih mengatur waktu untuk istirahat dan beraktifitas yang tepat.dan sungguh menjadi hal yang ga mudah dalam menjalani ini..Mari kita bedoa bersama untuk saia agar sukses untuk berperang melawan mahluk yang satu ini..Halah..okey lah..Tu de powin!!!

Insomnia adalah gangguan berupa kesulitan untuk tidur atau kesulitan untuk tetap tertidur, ato gangguan tidur yang bikin penderita merasa belum cukup tidur pada saat terbangun.Jika anda kurang tidur ato mengalami gangguan dalam tidur, maka hari-hari kita akan menjadi lambat dan kurang bergairah. Sebaliknya tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu anda memiliki energi dan gairah dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Sebenarnya Gangguan insomia dapat dilacak dari cara hidup seseorang secara rutin sampai kehidupan malamnya. Berdasarkan pengalaman yang saia alami, gejala gejala insomnia timbul bila kita memiliki kebiasaan seperti:

  • Siklus tidur kacau karena susah untuk tidur walopun udah di atas kasur, tidur ga nyenyak atopun bangun terlalu dini.Hal ini juga disebabkan adanya masalah psikologis dan biologis, lingkungan yang mengganggu, serta kebiasaan buruk.
  • Sering merasa lelah dan tertekan pada waktu pagi hari ato siang hari karena malam hrinya anda ga sempet tidur
  • Ada lingkaran gelap dan membengkak di sekitar mata anda…ihh..serem….
  • seperti kehilangan fokus perhatian yang membuat anda tidak dapat merespon rangsangan dari luar dan membuat anda sensitif terhadap hal lainnya bahkan kadang juga mudah tersinggung atas hal-hal yang tidak penting.
  • Anda kurang aktif dan memiliki sedikit hubungan sosial. Hal ini yang menjadi gejala terburuk yang akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi lingkungan dan hubungan sosial anda..apalagi bila kita mempunyai waktu istirahat yang terbalik dengan masa efektif kita,..di saat semua orang pada istirahat dalam menyambut esok hari,kita sibuk dengan kegiatan kita di malam hari,.sementara bila waktu efektif di siang hari kita lagi tidur nyenyak..Dampaknya sangat nyata terhadap hubungan sosial kita.

Jika ada salah satu dari sejumlah daftar tersebut terjadi pada anda, maka dapat dipastikan anda telah mengalami masalah dalam tidur.Ingat,Tidur bagi manusia adalah hal yang sangat penting, karena tidur mengendalikan irama kehidupan kita sehari-hari.Dengan tidur sebenarnya sesorang melakukan pembersihan diri dari “sampah penyebab kelelahan”. jadi masalah tidur ini sangat penting diatur dalam dalam hidup kita. Seperempat bahkan sepertiga hidup kita dihabiskan hanya untuk tidur.

Sebenarnya bagi penderita insomnia bukan hal yang ga mungkin untuk sembuh dari cara hidup yang ga teratur seperti yang telah diterangkan diatas. Bukan hal yang sulit pula,hanya diperlukan manajamen diri yang benar benar teratur dan disiplin dari dalam diri kita sendiri. Tapi saia punya beberapa tips yang telah dan sedang saia terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi Insomia dan tips ini juga saia dapat dari beberapa sumber :

Buatlah jadwal tidur
Ini yang terpenting!!!Usahain untuk mulai tertidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, termasuk di akhir pekan… Jika Anda terbiasa tidur pada jam tertentu, kemampuan yang sama juga akan muncul malam berikutnya.Usaha ini yang memang berat dilakukan bagi penderita yang mempunyai kebiasaan tidur sampai larut malam,misalnya kecanduan nonton bola di tengah malam,apalagi tim kesayangan yang bertanding,Uhhhh…harus rela ga nonton ,,,hikz…

Kenyamanan tidur diutamakan

Untuk urusan tidur, kenyamanan merupakan yang utama. Pastikan kebersihan dan kerapian sprei dan bantal terjaga. Musik yang lembut sebagai pengantar tidur juga bisa membantu Anda mengantar ke alam tidur.Dalam hal ini,menjadi sesuatu yang sangat sulit bagi anak kos,apalagi cowok,..karena biasanya keadaan kamar kos cowok jarang dalam keadaan teratur.

Kurangi sumber cahayaJangan lupa untuk memadamkan lampu. cahaya lampu akan membuat otak menerima pesan sebagai tanda untuk tetap terjaga.Gelap akan merangsang otak membimbing mata utuk terpejam.Itung-itung jga buat hemat listrik…..

Tetapkan fungsi kamar tidur

Bila anda ingin membaca buku ato menonton TV,sebaiknya tidak di kamar tidur sehingga bila kita masuk kamar tidur “alarm “tubuh anda akan secara otomatis mengingatkan bahwa ini saatnya untuk tidur.

Lakukan olahraga ringan sebelum 3-4 jam sebelum tidur

kualitas tidur akan menjadi lebih baik jika anda teratur berolahaga minimal 30 menit setiap harinya..Jadi bagi penderita Insomnia yang tetap malas beolah raga ,akan menjadi hal yang sulit untuk mengubah pola istirahat menjadi lebih baik.

Lupakan sejenak masalah yang ada di pikiran

Betapapun masalah yang dihadapi anda, usahain untuk mengatasinya sendiri tanpa bantuan obat. Misalnya, untuk membantu mengusir pemicu stres, cukup dengan ambillah selembar kertas, tuliskan masalahnya sebelum naik ke tempat tidur. Kalau Anda membawa pekerjaan kantor ke rumah, singkirkan pekerjaan beberapa jam sebelum jam tidur. Kalau masalah belum teratasi, tenangkan pikiran, bawalah tidur masalah Anda. Keesokan harinya, di kala pikiran lebih terang dan tubuh lebih segar, masalah akan lebih mudah teratasi. Percayalah!

Comments»

1. noki - January 23, 2008

la klao yang kerjanya malam, pagi kul ampe siang, gimana:-/

2. Ritno - January 23, 2008

kalo waktu produktif anda terletak pada malm hari.ya anda harus mengaturnya sebaik mungkin agar kinerja anda ga terhambat,..yaitu tidur pada sore hari dan mungkin klo kerja malem n kul pagi mpe siang..waktu istirahat anda harus diminimalkan…
apa boleh buat…agar produktivitas anda berjalan dengan baik kan…. 🙂

3. miss cilukbaa - February 15, 2008

Salam kenal yups!
geezz,,terima kasih ya Tuhan,udah ngebimbing saya ke blog inii.. oopo tohh ndok?? hehehe.. duh,tp serius,apa yg ditulis di blog ini saya bgt T.T
mang br bbrp bln ini sii,ngg..terhitung sjak -klo ga salah ya- juni 2007 mpe skarang.. huhu.. ini aja saya browsing krn ga bs tdur. sering diomelin mama ni gara2 kbiasaan jelek saya ini (tp kynya mama ga pcy deh sy insomnia,hoho..)
kapankah saya bisaa tdr nyenyaak?.. agak ga bgt aja sama this goddam insomnia..
*.*

thanks 4 da tips anyway..

4. iponk - November 20, 2008

Wah niru bgt kata” nya, tadinya pgn cari tau eh tau nya sama aja …
tp gpp sih thx atas tipsnya..

5. febrian - January 30, 2011

Makasih ya tips nya,, q sdh capek berteman dengan yang nama nya “insomnia”…. Kalau siang hari tidur q nyanyak banget,, pas malam hari jangank an tidur,, merem aja susaah… Ħ▲Ħ▲Ħ▲Ħ▲•••
Smoga tips anda bsa membantu… GBU…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: