jump to navigation

Apa sih pentingnya membaca??! February 21, 2008

Posted by theaterofdreamz in Article.
trackback

Kemarin malam saia lagi pengen merapikan meja belajar yang terletak di kamar dan juga sempat membuka salah satu ruang yang ada pada meja itu. Di dalam nya berserakan berbagai buku tua milik ayah,ibu dan kakak saia.
Setelah itu saia baru tersadar bahwa didalam buku buku yang berserakan itu banyak terdapat ilmu-ilmu yang bergizi bila kita mau membacanya. Ada pintu-pintu ilmu yang kadang kita lupa dan kita tinggalkan padahal masih sangat bermanfaat walopun buku-buku itu sudah cukup tua.

Okelah,sekarang saia pengennya nulis apa sih pentingnya membaca?

Membaca itu adalah aktifitas yang menjemukan bagi sebagian orang,.membaca sih gampang dan semua orang bisa,namun yang sulit adalah memahami,mengolah kata dan menyerap makna yang terkandung didalam sebuah susunan kata-kata yang dibaca…
Ada baiknya kita membiasakan membaca sejak dini,biasanya kita tidak terbiasa dengan membaca karena sedari awal kita tidak dibiasakan membaca.Sesudah itu kita asyik dengan kebiasaan kita dan tidak mencoba membiasakan diri bergelut dengan dunia kata. Padahal, pada kata yang tersusun rapi ada ilmu yang bergizi.
Bila kita mempunyai kebiasaan membaca akan memiliki keterampilan, kemampuan dan ketajaman mencerna isi bacaan.Apa yang menggerakkan kita untuk membaca akan menentukan bagaimana kita menyerap dan memahami informasi yang kita lahap.
Semakin sering kita membaca buku yang bermanfaat, baik penuturan kata dan kemampuan berpikir akan lebih matang dan tertata. Otomatis, kita akan memiliki kerangka berpikir yang kokoh dan rapi dalam menimbang dan menilai apa yang kita serap dengan lebih baik.
Satu lagi manfaat bila kita sering membaca,Kita akan terbiasa berpikir dan menggunakan pengetahuan yang kita miliki untuk memahami sekeliling. dan akan terus mencoba untuk memahami segala sesuatu secara lebih teratur.

Namun membaca juga ada aturannya agar kita benar-benar mendapat pengetahuan yang benar benar bergizi dari apa yang kita baca,karena kita tidak akan bisa memahami isi bacaan secara keseluruhan jika kita tidak membacanya dengan baik dan cenderung akan hanya membuang-buang waktu bila kita hanya sekedar membaca dan tidak mendapat sedikitpun informasi dari yang kita baca.
Ada sedikit tips dari saia bila kita sedang menyelami sebuah bacaan :  Membaca jangan terlalu tergesa-gesa,kendalikanlah diri,hayati dengan perasaan dan pahami makna tiap kata  dan bila tidak mengerti tentang apa yang kita baca,ulangi walaupun beberapa kali apabila masih tetap blum mengerti jangan malu untuk bertanya pada orang lain yang lebih tahu demi menyerap apa makna yang terkandung dalam bacaan.

Maka mulailah sejak sekarang untuk membiasakan diri untuk membaca untuk mendapatkan sesuatu yang informatif karena kita tahu tidak sedikit manfaat yang kita dapat dari membaca.
ingat kan apa kata duta baca negeri ini pada salah satu iklan. “Orang yang tidak banyak membaca itu dekat dengan kebodohan dan kebodohan itu dekat dengan kemiskinan”

Dan jangan heran jika perintah tuhan yang tertuang dalam al-qur’an pada ayat yang pertama turun ke bumi itu adalah perintah untuk membaca…Na’udzubillah…

About these ads

Comments»

1. faisol hamzah - February 22, 2008

yooo ii, chocox bos.
coba qita bandingin berapa lembar koran anda baca and berapa lembar Qur’an anda baca????
woooowwww ngeri
kelihatan banget klo jrg ngaji

2. noki - February 24, 2008

untung hobi baca, buktinya punya blog dan blogwalking ketetangga

3. Hair - February 24, 2008

Setuju banget….
Imam Alghazali juga pernah berkata, kalau kita ingin mendalami suatu kitab maka bacalah kitab tersebut sampai tiga kali.
Ternyata, masih banyak orang-orang indonesia yang hobi membaca

4. Nisa - May 9, 2008

hmmmm.. saya sih kalau membaca blog, majalah, novel, dll sih betah. tapi gak tau kenapa membaca buku serius (ambil sample kecilnya aja: buku pelajaran) baru beberapa lembar aja udah males dan boro2 masuk hihihii.. Gimana ya memunculkan niat yang besar untuk bisa membaca tulisan serius? :)

eh, tambahan 1 manfaat lagi: membaca bagus untuk mencegah pikun di hari tua :D

5. VITA - May 16, 2009

yupz bner bgt tuh klo membaca itu penting. Sampai ada pepatah yg mengatakan membaca itu membuka jendela informasi(hheheh, tuh tema w bwt lmba ntar). w lg nyari’referensi nieh,eeh ktmu mah blog ini dch. bgus jg c,nmbah’referensi bwt bhan makalah, thx yo bro!

W ska membaca. Dari kcil w udh hobi baca,ia c biarpun baca komik,huehehe.Tp klo bacaan itu menarik w,w mw az c baca,biar ensiklopedia skalipun. Tapi knp ya yg namanya bku pelajaran g prnh ada yg mnarik bwt w,buku pel yg mnarik cma biologi doan,selebihnya BORED.

eh,w pnya usul nie bwt perctakan buku pel. di indonesia, knp bku”pel i2 g dctak jd lebih mnarik ky majalah/komik tanpa mengurangi bobot/mutu ilmu pngtahuan ddlmnya, cp tw jd m’bwt nak indonesia jd hobi m’baca buku”pel mreka,ujung”nya klo jd pnter smwa,indonesia juga kn yg d untungkan,hheheh.
just theory from me.

6. fianblog - December 19, 2010

penerbit buku bilang, “kamu adalah apa yang kamu baca” :-)
tq 4 share about reading
fianblog.wordpress.com

7. Kartika - April 24, 2011

Sebenarnya kita malas membaca buku pel itu krn dlm bygan kita, kita udh ngebayangin kalau buku pel itu membosankan. Jadi semacam sugesti dari dalam diri sendiri. Kalau kita membaca komik, novel, dll, kita menganggap buku tersebut tidak membebani pikiran. Jadi kita lancar dan betah membaca. Nah kalau mau membaca buku pel, anggap saja kita seperti membaca komik / novel. Tanpa beban, seperti bacaan selingan saja. Insya Allah belajar menjadi lebih menyenangkan. :)

8. kukuh budiharso - June 13, 2011

bagus artikelnya. salam kenal dari http://budiharso.wordpress.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: